5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Memang nggak bisa dipungkiri kalau memelihara hewan adalah hal yang mengasyikkan. Nggak cuma tentang manfaat menghilangkan stres dan jadi alternatif hiburan, punya peliharaan juga memberikan kegunaan secara ekonomis. Misalnya dikembangbiakkan dan akhirnya menghasilkan duit.

Memang ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk memelihara peliharaan. Salah satunya adalah mitos. Seperti yang kamu tahu, beberapa orang percaya jika hewan tertentu bisa memberikan manfaat tersendiri. Misalnya memelihara tokek yang bisa bikin kaya, atau perkutut yang membawa rezeki katanya. Dan sebaliknya, banyak yang percaya pula kalau beberapa hewan memiliki manfaat yang berkebalikan yakni membawa sial.

5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Ya, memang ada lho kepercayaan seperti itu. Bahkan hari ini masih banyak yang meyakininya. Lalu, hewan-hewan apa saja yang dipercaya membawa kesialan? Bagi kamu yang percaya banget dengan mitos-mitos, ada baiknya menyimak ulasan berikut.

Kucing Hitam yang Identik dengan Mistis

5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Siapa sih yang nggak suka kucing? Bersama anjing, hewan ini jadi peliharaan favorit umat manusia. Alasannya sendiri apalagi kalau bukan lantaran bentuk dan keimutan yang mereka miliki. Tapi, ketika kucing begitu dicintai, ada sebagian orang yang menganggap hewan ini membawa kesialan.

Tidak semua kucing dianggap seperti ini, hanya jenis yang hitam legam saja yang dipercaya membawa sial. Kucing hitam dianggap sebagai representasi setan dan kejahatan. Di samping itu, binatang ini pun sering dikait-kaitkan dengan klenik. Dari sini, banyak orang yang akhirnya takut dan tak mau memelihara kucing hitam. Dulu kucing ini memang sangat dibenci oleh orang-orang Eropa karena berkorelasi dengan sihir.

Perkutut juga Bisa Membawa Kesialan

5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Selama ini perkutut selalu diasosiasikan sebagai hewan pembawa keberuntungan. Makanya, kakek-kakek kita dulu hobi banget pelihara burung satu ini. Namun, siapa sangka meskipun sering dikaitkan dengan ‘bedjo’ alias keberuntungan, burung satu ini juga kerap dianggap membawa sial.

Ya, ternyata ada beberapa jenis burung perkutut yang membawa sial. Misalnya jenis Durgo Nguwuh yang suka berkicau tengah malam, burung ini diyakini membawa hal buruk bagi pemiliknya. Entah sakit, usaha bangkrut, dan sebagainya. Pun begitu dengan jenis Durgo Ngerik yang dipercaya bisa bikin rumah tangga penuh pertengkaran.

Ular Dipercaya Mengundang Kesialan

5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Meskipun seram dan buas, tapi ular sekarang jadi peliharaan favorit sebagian orang. Alasannya sih lebih karena ekosistem dan juga keunikan karena tak semua orang punya. Tentang memelihara ular, ada sebagian orang yang menyarankan untuk tidak membawa binatang ini ke dalam rumah. Ya, dipercaya kalau hewan ini membawa sial.

Dalam cerita-cerita ular selalu digambarkan memiliki watak yang jelek dan jahat. Kemudian orang-orang pun percaya jika sifat tersebut akan berimbas kepada rumah bahkan pemiliknya. Tak hanya itu, punya peliharaan melata katanya akan membuat kita sering bermimpi ular. Tapi, untuk mimpi bertemu ular sendiri katanya malah jadi pertanda baik.

Laba-Laba Sang Pembawa Ketidakberuntungan

5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Memelihara hewan tak biasa hari ini jadi hobi sebagian orang. Alasannya lebih karena beda dan unik. Dan dari semua hewan yang dipelihara, Laba-Laba jadi salah satunya. Memang nggak umum banget dipelihara, tapi bagi para pecintanya hewan satu ini sangat menarik.

Laba-laba memang eksotis, tapi dari sisi mitos hewan ini katanya membawa kesialan. Dipercaya ketika seseorang memeliharanya, maka ia bakal berangsur-angsur akan mendapatkan kesialan. Bahkan kalau sampai bermimpi, si pemiliknya bakal sial dalam waktu yang tidak lama.

Si Burung Gagak Sang Simbol Kematian

5 Hewan Pembawa Sial Jika Kamu Pelihara

Burung gagak mungkin bukan peliharaan lazim, tapi ada saja orang yang memilikinya di rumah. Memang sih, burung satu ini unik, warnanya hitam pekat serta sangat gagah. Namun, kalau dilihat dari sisi mitos, burung gagak disarankan untuk tidak dipelihara. Alasannya sendiri karena burung ini adalah simbol kematian.

Mitosnya memang demikian. Jadi, ketika ada seekor burung gagak hinggap di sebuah rumah pada malam hari, maka biasanya si empunya rumah meninggal keesokannya. Berangkat dari sini, kemudian lahir mitos kalau burung gagak juga buruk sebagai peliharaan. Tak hanya itu, katanya burung ini juga membawa sial.

Jadi, inilah beberapa hewan yang banyak dikatakan bisa membawa keburukan bagi pemiliknya. Namun, tentu tidak semua orang lantas percaya begitu saja. Beberapa malah menganggap ini hanyalah mitos tak berdasar. Tentang ular misalnya, meskipun katanya sering dianggap membawa sial, namun pada kenyataannya malah memberikan manfaat ekonomis bagi pemiliknya.

Sumber

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya

Persepsi dan pemikiran tentang bentuk jin selama ini bermacam-macam. Ada yang bilang berwarna hitam, tinggi besar dan sebagainya. Allah SWT menciptkan jin tidaklah banyak perbedaan dari bentuk manusia.

Ciri-ciri fisik jin sebenarnya adalah sebagai berikut:

* Kepala lebih besar dari tubuhnya.
* Mata memanjang dan tidak bulat.
* Matanya besar dan lebar seperti mata rusa, namun memanjang.
* Warna hitamnya mata agak keputih-putihan.
* Telinganya runcing mirip telinga kuda atau kucing.
* Hidung terletak di tengah wajah, pesek atau bulat.
* Rambut kepala sangat tebal dan kasar.
* Lengan dan kuku lebih panjang daripada lengan manusia.
* Jari-jarinya panjang-panjang.
* Letak tumit berbeda dengan manusia.
* Kelamin lebih kecil dari kelamin manusia.
* Ada tanduk di kepala tapi bentuknya kecil.

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya

Jin mengisi bagian yang sangat luas dari Bumi ini, baik daratan atau lautan maupun udara. Kita akan semakin mengerti hal ini manakala kita berbicara tentang jenis Jin. Persoalan ini betul-betul sangat sulit dibatasi, bahkan sulit dijelaskan. Khususnya jika kita pahami bahwa diantara Jin itu ada yang Mukmin sekalipun jumlahnya sedikit, disamping Jin kafir yang menganut berbagai mazhab sesat yang jumlahnya tidak bisa dihitung.

Dari segi warna kulit mereka, ada yang berkulit merah, putih, kuning, hitam, kuning, dan warna lain sejumlah yang dikenal manusia. Akan tetapi pengelompokkannya jelas tak terbatas. Hadis berikut ini barangkali bisa menjelaskannya. Nabi mengatakan, “Jin terbagi menjadi tiga kelompok, sepertiganya mempunyai sayap yang bisa membuat mereka terbang di udara. Sepertiga lainnya berbentuk ular dan anjing, serta sepertiga lainnya bisa beralih dari satu kelompok ke kelompok lainnya.” Setiap kelompok dari ketiga kelompok ini membentuk kelompok atau himpunan yang lain. Katakan saja, Jin yang terdiri dari anjing tadi. Secara keseluruhan ia merupakan himpunan dari salah satu jenis Jin, akan tetapi yang berwarna hitam legam dengan dua bulatan putih di atas dua matanya adalah Jin yang sangat jahat dan boleh dibunuh. Kalau kita melihat anjing seperti itu, jangan dibiarkan. Bunuh saja.


Anjing Hitam

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya
 
Bisa jadi anjing hitam tersebut awalnya merupakan bentuk asli Setan yang diberikan Allah, bisa jadi pula ia mengambil bentuk seperti itu. Karena Allah telah memberinya bentuk seperti itu, hanya Allah yang Maha Tahu. Akan tetapi jenis Jin ini tidak bisa mengubah diri dalam bentuk yang lain. Mereka merupakan salah satu umat Setan yang terkutuk dan terbilang banyak. Karena Rasulullah memperbolehkan kita membunuhnya, maka bunuhlah ia.


Ular

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya

Itu tentang anjing, sekarang tentang ular. Terdapat banyak ular yang sesungguhnya adalah Jin dan banyak pula merupakan ular penjelmaan Jin. Akan tetapi ada dua jenis ular dari kelompok ini yang sama sekali tidak bisa mengubah bentuk dirinya dalam bentuk lain. Karena itu, jangan kita ragu-ragu membunuhnya. Sedangkan yang selain kedua jenis itu hati-hati bila ingin membunuhnya. Kalau ia menyingkir, biarkan. Kalau tidak, maka sebutlah nama Allah dan mintalah perlindungan-Nya. Sesudah itu, bunuhlah ia.

Rasulullah telah menyampaikan kepada kita tentang keduanya. Yang pertama al-abtar dan kedua dzu al-thifyatain. Keduanya merupakan jenis ular yang sangat berbahaya. Kalau yang selain itu, usirlah dan peringatkan tiga kali. Jika ia lari biarkanlah, jika ia membandek maka ia jelas makhluk jahat. Jadi, bunuhlah. Kalaupun ia adalah betul-betul ular, maka kita kaum Muslimin diperintahkan untuk membunuh ular.


Kucing Hitam

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya
 
Berikutnya tentang kucing. Kucing hitam lazimnya adalah setan. Sedangkan warna lain kemungkinan juga merupakan penjelmaan Jin, khususnya Jin perempuan yang memang sangat senang menampakkan diri dalam bentuk kucing-kucing indah atau yang putih warnanya.


Kemampuan Menampakkan Diri Dalam Bentuk Lain

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya
 
Kemampuan yang di miliki Jin untuk menampakkan diri dalam bentuk yang lain merupakan kemampuan yang tidak mutlak dimiliki semua Jin, dalam arti bahwa tidak semua Jin dapat melakukannya. Ada jenis Jin yang diciptakan Allah tanpa bisa menampakkan bentuk yang lain. Dia diciptakan dengan tugas sebagai pendamping manusia. Kalau manusia yang didampinginya itu mati, biasanya Jin tersebut masih hidup. Sebab, kebanyakan Jin memang berusia panjang. Ketika itu, maka ketika itu dia bisa menampakkan diri dalam bentuk yang lain. Ada pula Jin yang sama sekali tidak dapat menampakkan diri dalam bentuk yang lain, karena kemampuannya memang sangat terbatas. Dengan begitu, menampakkan diri dalam bentuk lain membutuhkan kemampuan besar.


Ifrit

Ngeri! Inilah Ciri Ciri Fisik Jin Sebenarnya
 
Kecakapan seperti ini lazimnya hanya dimiliki oleh Ifrit yang juga tergolong Jin. Sedangkan Al-Marid, sosoknya kecil dan kemampuannya kecil pula. Sampai kelak dia tumbuh menjadi besar dan dapat menampakkan diri dalam bentuk lain sekalipun masih tetap terbatas. Disamping itu, ada pula jenis Jin yang disebut Setan dan mempunyai kemampuan besar untuk menampakkan diri. Ada pula jenis Jin lainnya yang tidak memiiki kemampuan seperti itu.

Memperlihatkan diri dalam bentuk lain adalah sesuatu yang sulit dilakukan oleh Jin maupun Setan. Untuk bisa seperti itu harus ada kondisi jasmaniah dan psikologis yang membantu. Karena itu, penampakkan diri dalam bentuk yang lain tersebut terjadi pada waktu tertentu sejalan dengan kecakapan Jin atau Setan untuk hal ini. Karenanya adalah sulit bagi Jin dan Setan untuk menampakkan diri dalam bentuk seorang suami bagi seorang wanita untuk waktu yang lama. Disamping itu, penampakan diri itu memiliki konsekuensi. Dia bisa tertangkap, dibunuh, dan mati. Kalau dia sampai tertangkap, lalu dibacakan kepadanya ayat kursi. Dia akan bergetar dan lunglai, bisa-bisa dia mengalami stres berat dan akhirnya mati. Dengan demikian antara Jin dan manusia tidak terdapat hubungan yang saling mempercayai.

Manusia tidak tahu sampai sejauh mana tersedianya kondisi yang mendukung penampakan Jin atau Setan dalam bentuk yang lain. Karakter Jin adalah seperti yang dikehendaki Allah SWT dan semata-mata merupakan karunia-Nya. Allah yang maha agung menjadikan Jin harus membayar tinggi tindakan menampakkan diri seperti itu. Jiwa, organ, dan anggota tubuh Jin mengalami perubaha. Untuk mengembalikanya pada bentuknya semula membutuhkan waktu yang lama dan membuat Jin sangat menderita. Hanya sekedar keinginan untuk menampakkan diri dalam bentuk lain sudah melahirkan getaran hebat pada diri Jin. Jadi, bukan penampakan itu sendiri yang menjadi masalah, ada sebagian Jin yang takut kepada manusia karena kemampuan sebagian manusia itu untuk berkomunikasi dengan alam gaib, sehingga manusia tersebut menyerahkannya kepada pemimpin kabilah mereka untuk diadili dan dipenjara.

Jin punya hukum, hakim, dan penguasa. Tetapi Jin Muslim melaksanakan hukum mereka jauh lebih ketat ketimbang manusia. Yang non muslim pun demikian pula halnya. Diantara mereka ada yang komunis, Budha, Yahudi, Dan Kristen. Masing-masing menerapkan ajaran agamanya.

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Ini lah pepatah yang sering kita dengar sejak kecil. Mandi pun merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri, bukan? Apalagi bagi wanita, penampilan dan kebersihan seperti sudah menjadi syarat utama yang harus dilakukan sebelum keluar rumah. Cewek mana sih yang pede keluar rumah tanpa make up dan tak wangi? Rasanya tak ada, ya.

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Tak boleh mandi dirasakan oleh pedangdut seksi kita, Dewi Perssik. Yap, beberapa waktu lalu, Dewi melakukan operasi sedot lemak, dan badannya masih belum boleh kena air. Dewi pun merasa gerah karena tak diperbolehkan mandi. Ternyata, ada banyak artis cantik yang dengan sengaja memilih tak mandi karena malas. Wah, cantik-cantik tapi ternyata malas kena air, lho. Hmm, siapa saja, ya?

1. Aktris Penari yang Cantik Eksotis

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Prisia Nasution dikenal sebagai salah satu aktris papan atas tanah air. Berawal dari main di beberapa judul FTV, aktris yang juga atlit pencak silat satu ini berhasil menarik perhatian para pembuat film. Perannya sebagai Srintil di film layar lebar, Sang Penari, berhasil menaikkan popularitasnya dan mengukuhkan posisinya sebagai aktris berbakat yang dimiliki Indonesia. Si cantik yang beberapa waktu lalu melepas status jandanya ini ternyata nggak suka mandi, lho.

Prisia Nasution mengaku bahwa dirinya termasuk perempuan yang cuek dalam urusan penampilan. Dirinya jarang dandan dan tampil seadanya saat keluar rumah. “Pada dasarnya aku ini perempuan yang jarang dandan, bahkan, jarang mandi juga lho,” aku Prisia Nasution. Hmm, jarang mandi saja Prisia masih terlihat cantik, ya.

2. H0t Mama yang Bisa Lihat Hantu

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Dikenal dari sinetron Cinta Fitri, wajah cantik Donita mulai banyak wira-wiri di layar kaca. Tak hanya sinetron, wajah dan aktingnya pun banyak meramaikan film layar lebar. Si cantik yang menikah dengan host terkenal tanah air, Adi Nugroho ini pun diketahui memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal ghaib. Donita juga termasuk artis yang mempunyai kulit putih bersih. Siapa yang sangka kalau Donita ini ternyata ogah mandi. Jangan salah sangka, Donita punya alasan sendiri, nih.

“Soalnya kalau mandi kulitku nggak tau mengapa tiba-tiba menjadi biru lebam. Sekarang,kalau mandi aku selalu menggunakan air hangat,” jelas Donita. Rupanya kulit Donita termasuk yang sangat sensitif. Ini juga yang menjadi alasan mengapa hot mama yang satu ini menghindari perawatan kulit di salon. Donita lebih memilih meluluri sendiri kulitnya dengan pasta buah yang berasal dari racikan tangannya.

3. Rocker Lady ini Memang Malas Mandi

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Indonesia memang memiliki banyak rocker lady yang memeriahkan blantika musik tanah air. Salah satunya adalah Melanie Subono, anak dari promotor kenamaan Adrie Subono. Rocker lady yang satu ini memang dikenal suka tampil dengan penampilan yang rock abis.

Berantakan, dan nggak mandi. Padahal diakuinya dirinya sangat menyukai olahraga air, seperti berenang. Tapi, kok nggak suka basah karena mandi? “Gue suka banget dengan olah raga air, tapi gue nggak suka mandi” jelas Melanie. Melanie bahkan tak mempermasalahkan jika badannya mulai bau tak sedap.

Waduh! Melanie pun mengaku, sejak dirinya divonis terkena kanker beberapa waktu lalu, ia lebih sering berenang dan sudah merasa seperti setengah ikan. Melanie bahkan sempat menjadi atlit renang, lho.

4. Si Centil Cantik di CherryBelle

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Salah satu hal yang menonjol dari setiap girlband adalah anggotanya yang selalu cantik dan seksi. Pun girlband Cherrybelle yang sempat hits di Indonesia. Girlband satu ini digawangi oleh 9 gadis cantik dan energik, salah satunya adalah Christy Cherrybelle. Member Cherrybelle yang baru menikah beberapa waktu lalu ini juga nggak suka mandi, lho.

Hal ini pun sudah diketahui oleh member Cherrybelle lainnya dan seperti menjadi nama belakang Christy. Namun, bukannya risih dan malu, hal ini malah membuat Christy tertawa dan menjadikan hal tersebut sebagai bahan bercanda dengan teman-temannya. Hmm, kira-kira setelah menikah dan punya suami seperti sekarang, Ciki masih malas mandi seperti sebelumnya, ya?

5. Mandinya Kudu Pakai Air Panas

5 Artis Cantik Yang Malas Mandi, Gak Mandi Aja Gini Apalagi Kalau Mandi?

Tak bisa dipungkiri, dangdut belakangan memang menjadi hits di Indonesia. Apalagi belakangan banyak pedangdut pendatang baru yang menyuguhkan dandgut segar, seperti Ayu Ting Ting, Cita Citata, dan juga Zaskia Gotix. Cita Citata bahkan langsung menggebrak dunia musik tanah air dengan single perdananya, Sakitnya Tuh Di Sini. Single perdana milik Cita Citata pun diputar di mana saja dan menjadi lagu hits. Siapapun bisa menyanyikannya.

Namun, siapa yang sangka bahwa Cita Citata merupakan artis yang juga malas mandi. Cita mengaku paling malas jika disuruh mandi dan harus diseret terlebih dahulu. “Aku memang susah mandi. Mesti pakai air panas. Suka ditarik sama nyokap, tapi suka bilang ntar aja. Tunggu dibikinin air panas dulu,” jelas Cita Citata. Sekarang pun tugas ibundanya menyiapkan air panas sudah digantikan oleh asistennya.

Duh, ternyata artis cantik-cantik di atas bisa malas mandi juga, ya. Bisa boros parfume, dong. Bagaimana, kamu nggak seperti mereka, kan?

Inilah Alasan Kenapa Nasi Padang Kalau Dibungkus Lebih Banyak Isinya

Sudah banyak pertanyaan dan jawaban tentang kenapa kalau kita beli nasi padang dengan dibungkus isinya jauh lebih banyak daripada kalau kita makan ditempat? Jawaban paling populer adalah karena dengan dibungkus, si penjual tidak perlu repot mencuci piring dan mengurangi biaya sabun cuci.

Jawaban yang logis, tapi cenderung dipaksakan. Dibandingkan dengan biaya sabun, kalau dihitung-hitung, biaya nasi lebih jauh lebih besar. Ini tentu bertentangan dengan apa yang diketahui oleh masyrakat umum kalo orang padang itu perhitungan (baca: pelit) . Jawaban seperti diatas tidak lebih jawaban ngeles dari si penjual karena mereka ngga tau sejarah asal muasal dari pertanyaan di atas.  Oh iya, anda tidak salah baca. Ada sejarah dibalik kenapa kalau beli nasi padang isinya lebih banyak daripada makan ditempat, dan sejarah ini berawal sejak jaman penjajahan Belanda.

Inilah Alasan Kenapa Nasi Padang Kalau Dibungkus Lebih Banyak Isinya

Baiklah, mari kita mulai saja pembahasannya:

Di Sumatera Barat dan sekitarnya (termasuk Pekanbaru), rumah makan disana tidaklah disebut dengan Rumah Makan Padang, melainkan RM Ampera. Jamak ditemui rumah makan disana diawali oleh kata Ampera kemudian barulah disusul dengan nama RM itu sendiri. Misal, RM Ampera Beringin, RM Ampera Siti Nurbaya, dll. Ampera sendiri adalah kepanjangan dari amanat penderitaan rakyat. Diakhir pembahasan ini akan ditemukan asal muasal kenapa mereka menggunakan nama Ampera disini. Memang ada jenis yang lain yaitu RM Kapau, tp kita lewati saja dulu, mungkin nanti akan gw bahas tersendiri.

Kembali ke RM Padang tadi. Di masa penjajahan dulu, RM Padang termasuk RM yg ekslusif, hanya kaum penjajah dan para saudagar kaya saja yang bisa menikmati lezatnya rendang, gulai tunjang, kepala ikan kakap, dendeng, dan kawan-kawan. Bahkan, saudagar kaya yang dimaksud disini adalah saudagar etnis cina (No Sara, red) bukan yang pribumi. Kenapa bisa demikian? Yah, dimasa penjajahan, daging dan beras termasuk komoditi mahal yg rakyat tidak selalu dapat membeli. Oleh karena itulah, harga makanan padang menjadi mahal dan seperti yg udah gw sebut diatas, hanya para penjajah dan saudagar kaya yg bisa menikmatinya.

Dan disinilah sejarah itu dimulai, kenapa kalau beli nasi padang, isinya lebih bayak dibungkus daripada makan ditempat. Para pengusaha RM Padang (pastinya orang minang asli) sadar bahwa saudara-saudaranya juga layak untuk menikmati makanan enak, terlebih lagi makanan khas daerah mereka sendiri. Lebih jauh lagi, mereka para pengusaha ini juga sadar, banyak dari saudara mereka bekerja sebagai buruh kasar untuk para penjajah dan saudagar kaya yang makan di RM mereka, dan saudara mereka ini membutuhkan tenaga dan gizi yg cukup untuk tetap selalu sehat dan bekerja menafkahi keluarga mereka masing-masing.

Entah siapa yang memulai, di suatu waktu, para pengusaha RM ini memberlakukan peraturan baru. Jumlah nasi yang dibeli dengan dibungkus isinya akan jauh lebih banyak daripada makan ditempat. Biaya makan ditempat dibebankan kepada para penjajah dan para saudagar kaya dan biaya makan dibungkus untuk para buruh dan para pribumi lain. Inilah yang dijaman modern disebut subsidi silang.

Kebijakan ini oleh para pengusaha disebut dengan Ampera alias Amanat Penderitaan Rakyat. Inilah asalnya kenapa RM Padang di Sumatera Barat sana disebut dengan RM Ampera. Spirit Ampera ini seperti yang kita lihat, masih terbawa sampai detik ini bahkan sudah menyebar diseluruh Indonesia. Tentu saja, nyaris tidak ada tempat di Indonesia ini dimana daerahnya tidak ada RM Padang.  Semua pelosok ada. Semoga spirit Ampera ini terus ada sampai akhir jaman.

Nah, itulah alasan kenapa Jumlah nasi yang dibeli dengan dibungkus isinya akan jauh lebih banyak daripada makan ditempat. Darimana gw tau? Ini adalah penuturan dari salah satu pengusaha RM Padang yang kebetulan tetangga gw di Padang sana. Ada yg tau RM Beringin di kawasan Tabing kota Padang? Tentu, postingan ini bukan official, jadi masih bisa diperdebatkan kebenarannya. Tapi terlepas dari apakah ini hoax atau real, semoga kita bisa mengambil hikmahnya.

Anak Sudah Bisa Bermain Gadget di Bawah Usia 2 Tahun, Jangan Langsung Bangga, Hati Hati, Ini Dia Penjelasannya..

Kehidupan balita dan gadget di zaman sekarang sudah sulit dipisahkan. Tetapi sebagai orangtua, hal yang bisa dilakukan adalah menerapkan batas waktu bermain gawai (screen time).

Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat atau American Academy of Pedriatics (AAP) menyarankan penggunaan layar elektronik (termasuk komputer, televisi, smartphone) pada anak usia 0 – 2 tahun adalah tidak baik. Sayangnya, orangtua di zaman sekarang lebih senang mengandalkan gadget sebagai alat "sogok" supaya si kecil tidak rewel.

Psikolog Keluarga dan Anak, Astrid WEN mengatakan, saat ini ibu-ibu justru merasa bangga jika anaknya bisa menguasai gadget di umur yang masih sangat kecil.

Anak Sudah Bisa Bermain Gadget di Bawah Usia 2 Tahun, Jangan Langsung Bangga, Hati Hati, Ini Dia Penjelasannya..

"Ibu-ibu suka berkompetisi dan dijadikan status sosial. Kesannya wah, sudah memajukan anak menjadi lebih pintar. Padahal itu hanya mitos," ujar Astrid saat ditemui Okezone di sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Wanita lulusan Magister Profesi Psikologi Klinis Anak Universitas Indonesia ini menjelaskan, anak-anak di usia sekira 2 tahun sebenarnya membutuhkan pengalaman yang nyata untuk berkembang. Bukan pengalaman tak nyata yang ditawarkan oleh gadget.

Anda bisa mengajak anak bermain dengan permainan sederhana yang nyata. Misalnya sekadar mengumpulkan sticker dari karakter kartun favorit anak-anak. Karena hal ini akan membuat si kecil aktif secara nyata dan belajar berinteraksi dengan orang lain serta lingkungan sekitar.

"Anak 2 tahun butuh pengalaman real. Misalnya mencari sticker kereta Thomas lalu ajak menempelkannya di satu tempat," pungkasnya.